Bahasa Asing

Sesuai dengan Visi SMP Al-Hasra “mewujudkan lulusan pendidikan dasar yang Islami, menguasai teknologi dan bahasa asing”. Serta tujuan Yayasan Al-Hasra kedepan yaitu menuju Global Islamic School sehingga peserta didik dituntut untuk mampu menguasai bahasa asing (bahasa Inggris). Maka penguasaan bahasa asing (Bahasa Inggris) di SMP Al-Hasra menjadi salah satu program unggulan untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi era globalisasi.

Untuk merealisasikan hal tersebut, beberapa program disiapkan seperti;
a. Speaking Class; Dengan mendatangkan Native Speaker, agar peserta didik terbiasa berkomunikasi aktif dengan menggunakan bahasa inggris.

b. English Hour; Program ini dimaksudkan untuk pembiasaan peserta didik dalam menggunakan bahasa inggris, selama jam yang sudah ditentukan, seluruh warga SMP Al-Hasra diwajibkan berbahasa inggris.

c. Summer School; Program ini dilaksanakan oleh lembaga khusus yaitu International Office Al-Hasra ditujukan untuk mengembangkan lebih lanjut kemampuan bahasa inggris peserta didik, dengan cara mengirimkan perwakilan peserta didik yang terseleksi untuk dapat berkunjung ke beberapa sekolah di luar negeri (Visiting School atau Field Trip), sekaligus melakukan pertukaran budaya antara Indonesia dengan negara-negara lain di dunia.

d. English Competition; Selain pembiasaan english hours, untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris peserta didik SMP Al-Hasra juga mengadakan atau mengikutsertakan peserta didik yang memiliki potensi dalam berbagai lomba, seperti; Speech Contest, dan Story Telling.

Kegiatan Perdana Summer School

Siswa-siswi beserta para guru Yayasan Al Hasra School, Depok – Indonesia dan Solihudin School, Chana – Thailand Selatan berkunjung ke KRI Songkhla pada Selasa, 23 April 2018, dalam rangkaian kegiatan Summer Youth Camp yang merupakan kerja sama kedua sekolah tersebut. Acting Konsul RI Songkhla, M. Arif Hidayatullah, yang didampingi oleh PF Pensosbud KRI Songkhla, Reno Dwi Hapsari, dalam sesi diskusi dengan para siswa, menyampaikan berbagai prospek karir dan profesi yang dapat ditekuni berkaitan dengan Mutual Recognition Arrangement (MRA) yang diterapkan di ASEAN. Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi aplikasi Safe Travel, mengingat para siswa dan guru Yayasan Al Hasra School, Depok juga masih akan melanjutkan perjalanan mereka ke Malaysia dan Singapura.

Kunjungan KBRI-Kuala Lumpur

Kunjungan Konsulat RI Songkhla-Thailand

Mengajarkan Angklung ke siswa Thailand

Penampilan Angklung di Thailand

Penampilan Nasyid di KBRI Kuala Lumpur